Rabu, 24 September 2014

Tips Memilih Warna Cat Untuk Ruang Tamu


Jangan remehkan pemilihan warna cat untuk ruang tamu. Hal ini dikarenakan warna memberi kesan tersendiri untuk ruang tamu Anda. Perlu diketahui, warna bisa juga mempengaruhi mood atau perasaan seseorang. Jika tidak pandai memilih warna cat untuk ruang tamu, maka Anda tidak akan merasa nyaman dengan ruangan tersebut. Dan yang paling buruk, ruang tamu yang seharusnya memberi kesan indah bagi para tamu, menjadi terkesan kusam dan tidak bagus. Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Jika Anda adalah orang yang “buta” akan arsitektur, pastikan Anda mengetahui dengan benar jenis-jenis warna dan kesan apa yang bisa ditimbulkan. Untuk tipsnya pelajarilah warna-warna tersebut seperti dibawah ini.
  1. Warna Yang Hangat
    Warna yang hangat adalah warna yang menimbulkan kesan akrab. Warna jenis ini sangat cocok untuk ruang tamu dimana ruang tamu seringkali menjadi tempat para tamu singgah ketika sedang bertamu ke rumah Anda. Dengan memberikan kesan akrab ini maka Anda sebenarnya sedang membuat tamu Anda betah dan senang berada di rumah Anda. Adapun contoh warna-warna jenis hangat ini adalah warna kuning, oranye, peach, cokat, dan coral. Selain memberi kesan akrab, ternyata warna-warna ini bisa memberi nuansa ruang tamu menjadi terkesan lebih kecil dari yang sebenarnya dan juga teduh. Warna hangat ini juga memberikan kesejukan dan nuansa santai yang sangat Anda inginkan.
  2. Warna Dingin
    Perlu anda ketahui bahwa warna dingin ini didominasi oleh warna ungu, hijau, dan biru. Warna dingin ini memberi kesan ruangan terlihat menjadi lebih luas dari aslinya. Ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada tipe ruangan yang sebenarnya kecil. Anda juga bisa mengaplikasikan warna baby blue atau biru langit jika Anda ingin ruang tamu tampak lebih luas. Jika menginginkan  ruang tamu terkesan lebar , Anda bisa juga mengecat dengan aplikasi warna pastel.
  3. Gabungan Warna Hangat dan Dingin
    Untuk aplikasi warna ruang tamu, Anda bisa saja menggabungkan kedua warna yang hangat dan dingin diatas. Jenis gabungan dua warna ini biasanya terdapat pada rumah-rumah bergaya modern. Kesan yang diberikan dari gabungan kedua warna jenis ini adalah kesan luas. Anda bisa mengaplikasikannya pada ruangan yang sempit sehingga tampak lebih besar. Sebagai contoh, aplikasikan warna biru muda yang digabung dengan motif atau garis berwarna peach. Dengan demikian, kesan yang akan  didapatkan adalah kesan ruangan yang lebih modern dan menarik. Jika ingin alternatif lain, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna yang hangat yang berperan sebagai latar belakang warna dingin.
Sebagai pilihan lain Anda juga bisa mencoba menggabungkan warna biru langit dengan warna krem. Ini akan menghasilkan paduan warna yang sangat cerah dan indah. Gabungan warna ini bisa memberi kesan cahaya yang alami dan ruangan tampak lebih lebar, terbuka, dan memberi kesan udaranya sangat baik.

1 komentar:

  1. informasi yang bermanfaat tentang tips memilih cat untuk tembok ruang tamu. kalau saya lebih suka dengan warna-warna yang hangat.

    BalasHapus