Senin, 02 November 2015

5 cara memanfaatkan kekayaan agar lebih bermanfaat

Jangan biarkan diri Anda jatuh ke dalam sikap serakah, tetapi bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda capai supaya harta yang Anda miliki mampu membawa kebahagiaan baik bagi diri Anda maupun keluarga Anda



  • "Oskar Schindler (1908-1974), adalah seorang pengusaha sukses asal Jerman yang baik hati. Suatu hari, ketika pecah Perang Dunia II, berkat keberaniannya berhasil menyelamatkan ribuan nyawa orang Yahudi dari peristiwa Holocaust. Oleh karena itu, departemen pengenang peristiwa holocaust "Yed Vashem" akhirnya memberikan gelar kehormatan "Righteous Among the Nations" kepadanya. Oscar Schindler meninggal pada tahun 1974, hingga kemudian dibuatlah film untuk mengenang jasa beliau dalam judul Schindler's List. Secara keseluruhan, Schindler telah menyelamatkan sekitar 800 laki-laki Yahudi dan 400-an wanita Yahudi."
    Sesungguhnya kesuksesan yang dimiliki oleh seseorang tidak lepas dari karunia Tuhan, melalui perjuangan keras dan usaha yang sungguh-sungguh menjadikan kesuksesan yang sudah dimiliki tumbuh menjadi kekayaan yang melimpah ruah. Kini, ketika Anda berhasil mendapatkan apa yang Anda inginkan, akankah Anda mengisinya dengan hidup berfoya-foya atau justru memanfaatkan kekayaan tersebut untuk membantu orang lain yang masih mengalami kesulitan.
    Memang, sejauh tidak merugikan orang lain setiap orang berhak melakukan apapun yang menjadi kehendak hatinya. Akan tetapi, alangkah baiknya di saat sedang berada di puncak kesuksesan Anda tetap tidak lupa diri dan menggunakan kekayaan yang Anda miliki untuk melakukan 5 perbuatan baik berikut ini.
  • 1. Tidak menghambur-hamburkan uang

    Tetaplah bijak dalam hal pengeluaran dan gunakan harta yang Anda miliki untuk semakin memperkuat keberhasilan Anda.
  • 2. Tetaplah menabung

    Cara ini dapat menyelamatkan Anda bila sewaktu-waktu krisis ekonomi tiba-tiba datang menerpa.
  • 3. Jangan bersikap konsumtif

    Jauhkan pula diri Anda dari bersikap konsumtif supaya tidak menjadi kebiasaan yang pada akhirnya justru menjerumuskan Anda pada kesulitan.
  • 4. Gunakan harta Anda untuk membantu mereka yang sedang mengalami kesusahan

    Ketika Anda bersedia dengan tulus dan rendah hati bersedia membantu mereka, seperti hukum sebab-akibat, maka rejeki yang lebih besar akan semakin menghampiri Anda.
  • 5. Tetaplah bekerja dengan keras

    Meskipun telah berhasil meraih kesuksesan jangan pernah menurunkan semangat untuk tetap bekerja dengan keras, berikan upaya yang terbaik agar kekayaan yang sudah Anda miliki tetap dapat bertahan.
  • 6. Jangan serakah

    Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda capai supaya harta yang Anda miliki mampu membawa kebahagiaan baik ke dalam diri Anda maupun keluarga Anda.
    Ada banyak cara, buruk maupun baik, bisa Anda gunakan untuk mengisi kesuksesan yang sudah diraih. Socrates, seorang filsuf Yunani, pernah berkata, "Jika seseorang bangga atas kekayaannya, dia seharusnya tidak perlu dipuji sampai diketahui bagaimana dia menggunakan kekayaannya itu." Karena itu, Anda seharusnya tidak perlu terlalu berbangga hati karena telah berhasil mengumpulkan kekayaan yang begitu melimpah, tapi berbanggalah ketika Anda tahu bagaimana memanfaatkan kekayaan tersebut.
    Apalah gunanya seseorang yang kaya raya, bila hatinya pelit. Apalah gunanya menimbun harta duniawi sekian banyak, bila tidak dapat memberikan manfaat apa-apa baik bagi kehidupan pribadi maupun sesamanya. Apalah gunanya keberhasilan bila hubungan dengan anggota keluarga tidak bahagia.
    Anda tidak akan pernah tahu hasil apa yang akan Anda dapatkan dari perbuatan baik yang sudah Anda lakukan. Karenanya, gunakan harta yang Anda miliki untuk memuliakan Tuhan dan supaya menjadi berkat bagi sesama.
  • Sumber:
  • Intan Lolitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar