Sabtu, 23 Februari 2013

Kulkas Bisa Jadi Tempat Terjorok

Laci Sayur di Kulkas Bisa Jadi Tempat Terjorok

Laci sayur (salad drawer) di dalam lemari es yang digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan ternyata bisa menjadi sarang bakteri merugikan. Sebuah tes dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak bakteri yang ada di dalam salah satu bagian lemari es ini. Hasilnya, dalam laci penyimpanan sayur bisa mengandung bakteri 750 kali lipat dari jumlah bakteri yang dianggap dalam taraf aman.

Bakteri merugikan seperti E.coli, salmonella, dan listeria adalah beberapa jenis bakteri yang bisa ditemukan dalam tes tersebut. Jadi bisa Anda bayangkan, seperti apa kualitas bahan makanan yang Anda simpan di dalam laci sayur. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada kesehatan keluarga.

Lemari es sangat berguna ketika cuaca panas. Namun suhu lingkungan yang panas juga berarti adanya kemungkinan perkembangbiakan bakteri yang tinggi. Suhu rendah dalam kulkas hanya menghambat pertumbuhan bakteri apabila disertai pembersihan kulkas secara rutin. Bila bakteri berada di bagian yang kotor dan jarang dibersihkan, mereka cenderung untuk berkembang biak.

Jadi agar bahan makanan Anda tetap fresh dan terjaga dari bakteri jahat, pastikan untuk selalu membersihkan lemari es Anda, terutama bagian laci sayur yang diduga menjadi sarang bakteri paling banyak di dalam kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar