Minggu, 17 Februari 2013

Siulan Buat Bayi Bebas Pampers di Usia 9 Bulan



Siulan Buat Bayi Bebas Pampers di Usia 9 Bulan
Siulan dianggap sebagai sinyal untuk pergi ke toilet.

Usia 9 bulan bayi mulai meninggalkan diapers. (http://pendhowo.com/)
Usia 9 bulan bayi mulai meninggalkan diapers. (http://pendhowo.com/)

VIVAlife - Mengajari si kecil untuk bebas dari diapers atau pergi ke toilet bukan hal yang mudah. Di setiap negara dunia, ini adalah masalah umum bagi setiap orang tua, tapi tidak dengan Vietnam.

Di negara ini, setiap ingin buang air kecil, para bayi selalu menyampaikan keinginan mereka untuk pergi ke toilet. Kuncinya hanya satu, yaitu siulan. Para peneliti percaya, siulan membuat anak-anak bebas diapers dan mengenal toilet, meski ia belum dapat berjalan.

Selama 2 tahun, para peneliti Swedia mengamati 47 pasangan ibu dan bayinya. Mereka mengamati bagaimana para ibu mengajari potty training pada si kecil. Para peneliti mengatakan, potty training yang dilakukan sejak bayi lahir, membuat bayi mengenal toilet lebih cepat.

Bahkan, prosedur ini juga membuat bayi meninggalkan diapers lebih cepat. Usia 9 bulan menjadi hari terakhir bayi mengenakan diapers. Menurut peneliti Profesor Anna-Lena Hellstrom, potty training yang dimulai sejak dini mengajari bayi sensitif mengenal toilet.

Melansir Medical Daily, di saat melihat bayinya akan buang air kecil, para ibu di Vietnam akan mulai bersiul. Metode bersiul yang dimulai saat bayi lahir berfungsi sebagai komunikasi yang kuat antara bayi dan ibu.

Selanjutnya, bayi akan belajar untuk mengasosiasikan suara siulan dengan buang air kecil. Dan saat mereka usia 9 bulan, mereka akan mulai mengendalikan diri untuk ke toilet dan tidak mengompol. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar