Minggu, 17 Februari 2013

Studi: Jus Tomat Baik Diminum Setelah Olahraga



Studi: Jus Tomat Baik Diminum Setelah Olahraga
Jus tomat memiliki khasiat selain hanya sebagai pelepas dahaga.

Jus tomat ternyata baik diminum setelah olahraga.  
Jus tomat ternyata baik diminum setelah olahraga.  
VIVAlife - Jus tomat adalah salah satu minuman segar yang cocok dinikmati dalam berbagai kesempatan. Selain sebagai pelepas dahaga, jus tomat ternyata juga memiliki khasiat lain.

Berdasarkan studi yang dilakukan sebuah lembaga kesehatan di Yunani, jus tomat memiliki kemampuan lebih baik memulihkan tubuh setelah olahraga dibandingkan minuman energi.
Menurut para peneliti, tomat mengandung bahan kimia penting yang bisa membantu memulihkan otot serta mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal setelah tegang dan mengalami peregangan.
Seperti dilansir laman Dailymail, peneliti melakukan tes terhadap sekitar 15 atlet selama dua bulan. Selama periode tersebut, mereka memantau tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Sebanyak sembilan atlet diminta meminum jus tomat setelah olahraga. Sementara sisanya mengkonsumsi minum energi.

Hasilnya, atlet yang meminum jus tomat mengalami tingkat pemulihan otot yang lebih cepat serta kadar glukosa mereka kembali normal lebih cepat setelah menjalani latihan berat.
Pada atlet yang minum jus tomat setelah olahraga, ditemukan bahwa enzim dan protein dengan tingkat berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan otot kembali ke kondisi normal lebih cepat. Para peneliti pun mengungkapkan, jus tomat sangat efektif. Bahkan pada orang yang memiliki protein berbahaya dalam kadar tinggi mampu mendapatkan manfaat hanya dalam dua bulan.

Studi mengenai jus tomat ini dipimpin para peneliti dari General Chemical State Laboratory Yunani. Studi juga telah diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology. Selama ini, tomat dikenal memiliki banyak khasiat. Anti-oksidan yang terkandung di dalam tomat misalnya, diketahui mampu memerangi kanker dan penyakit jantung.

Penelitian di Yunani ini mendukung studi sebelumnya yang dilakukan di Swedia. Saat itu, para peneliti menemukan bahwa jus tomat mampu membantu mengurangi kerusakan oksidatif setelah olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar